Proposal Usaha Vegetable Pie "VEPIE"
10.33 |
|PROPOSAL USAHA
Syifa Fauziah Ap202
“VEPAI”
Disusun Oleh:
1.
Ananda Putri
2.
Fenida Fitri
3.
Intan Fitriana
4.
Siti Maesaroh
5.
Syifa Fauziah
6.
Widia Dewi Ismi Salam
Jl. Margonda Raya No. 274
2016/2017
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Sayuran merupakan makanan sehat dan bergizi.
Sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral. Sayuran memiliki manfaat bagi
kesehatan manusia, diantaranya membantu perkembangan tubuh anak, menjaga
kesehatan organ-organ tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar
peredaran darah, dan sebagainya. Selain untuk kesehatan, sayuran baik untuk diet. Banyak
wanita yang mengkonsumsi sayuran sebagai menu diet sehat. Hal ini dikarenakan serat
yang terkandung pada sayuran dapat menunda rasa lapar seseorang.
Rasa lapar tersebut tertunda karena serat yang
terkandung oleh sayuran tidak dapat dicerna oleh tubuh sehingga akan menempati
ruang di lambung. Namun walaupun begitu, masih terdapat sejumlah orang yang kurang menyukai sayuran, terutama sayuran hijau. Adapun faktor penyebab sayuran kurang disukai yaitu diantaranya tata cara penyajian yang tidak bervariasi, rasa
sayuran yang kurang disukai, bentuk penyajian yang kurang menarik, rasa sayur
yang berserat, dan lain-lain.
Maka dari itu, hal tersebut mendasari kami
untuk menciptakan pie berbahan dasar sayuran, guna untuk menarik perhatian
orang-orang yang tidak menyukai sayuran agar dapat menyukai sayuran, dengan
tampilan yang baru dan juga menarik.
BAB II
COMPANY PROFIL
2.1. Deskripsi Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : Wins Company
Tanggal
Berdiri : 01 Maret 2017
Alamat
Perusahaan : Jl Kembang Beji No 73 Depok
Jenis
Perusahaan : Home Industry
Jumlah
Karyawan : 6 Orang
Produk : Pie
2.2.
Riwayat Perusahaan
Wins
Company bergerak di bidang kuliner berbahan baku sayuran, wins company di
dirikan pada tanggal 1 Maret 2017 di Jl Kembang Beji No:73 Depok, kami memilih
nama Wins yang dalam bahasa inggris memiliki arti “Menang” dalam hal ini kami
berharap akan selalu menjadi pemenang diantara pesaing-pesaing yang lain.
2.3.
Misi dan Visi Perusahaan
1.
Misi
Membantu
meningkatkan minat konsumen terhadap sayuran melalui produk yang disajikan.
2.
Visi
1.
Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan
(pelayanan) dan diproduksi (makanan).
2.
Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
dengan tetap pada koridor tradisional.
3. Menumbuhkan
ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang
maksimal.
4. Mengembangkan usaha di
beberapa tempat yang strategis untuk menjadi perusahaan makanan yang besar di
Indonesia.
2.4.
Struktur Organisasi
Job
Deskription
Owner
a.
Mengontrol, mengawasi, mengatur dan
membantu segala kegiatan dalam usaha.
b.
Menetapkan garis-garis kebijakan
perusahaan, menetapkan tujuan perusahaan.
c.
Menetapkan target dari setiap penjualan
d.
Berhak meminta penjelasan atas apa yang
dilakukan diluar kebijakan
yang
telah ditetapkan dari setiap bagian yang ada
dibawahnya.
Produksi
a.
Mengatur waktu pekerjaan agar sesuai
dengan waktu pengiriman.
b.
Mengatur posisi pengawas kualitas di
masing-masing titik pekerjaan.
Memberikan
harga produksi untuk kepentingan marketing dalam membuat harga jual.
Keuangan
a.
Membuat bukti pembayaran pelanggan
b.
Mengelola dana yang dibutuhkan selama
kegiatan produksi
c.
Membuat laporan akhir
d. Membuat
laporan laba rugi perusahaan
Marketing
a. Menawarkan
produk kepada pelanggan
b. Memfollow
up order dari pelanggan
c. Memproses
order dari pelanggan
BAB III
STRATEGI PEMASARAN
3.1.
Segmentasi
pasar
3.1.1. Segmentasi
Geografis
Vepai ini kami pasarkan dari wilayah depok , ekspektasi
kami adalah memasarkan ke daerah jabodetabek bahkan jika bisa keseluruh rakyat
indonesia agar masyarak indonesia mengonsumsi sayuran dengan cukup
3.1.2. Segmentasi
Demografis
Vepai di buat untuk segala usia yang ingin mengkonsumsi
sayuran dengan nikmat.
3.1.3. Segmentasi
Psikografis
Vepai ditujukan untuk semua kalangan sosial, tidak hanya
kalangan sosial menengah keatas, tetapi kalangan menengah kebawah juga bisa
menikamti vepai karena harga yang terjangkau dengan harga pasar Rp 10.000,-.
3.2.
Analisa
SWOT
3.2.1. Strength
a) Vepai memiliki keunggulan rasanya yang enak seperti fast
food di restoran cepat saji tapi mengsandung bahan bahan yang sehat dan tidak
memiliki dampak buruk pada kesehatan .
b) Harga
yang lebih terjangkau
Harga vepai ini sangat
terjangkau untguk makanan sehat juga enak , yaitu Rp. 10.000 /vepai
3.2.2. Weakness
a) Produk
ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas , oleh karena itu kami masih memasarkannya .
b) Produk
kami ini tidak tahan lama dan tidak bisa dipasarkan di
luar Jabodetabek . namun kami masih berusaha agar dapat memasarkannya ke
seluruh masyarakat indonesia
3.2.3. Opportunity
Masyarakat dan anak anak banyak yang menyukai rasa pizza jadi kami
membuat produk ini terasa seperti pizza namun mengandung banyak sayuran .
3.2.4. Threat
a) Muncul
pesaingan baru
b) Mudah
ditiru oleh pesaing
3.3. Bauran
Pemasaran
3.3.1. Place
Untuk penjualan kami menjualnya
di beberapa tempat yaitu kampus, sekolahan dan tempat masing-masing anggota
3.3.2. Produk
1.
Product variety
Varietas dari produk kami adalah vegetable pie yang sehat dan juga nikmat
dengan kemasan praktis dan higienis .
2.
Quality
Vepai yang kami buat terbuat dari roti berkarbohidrat dengan sayur
wortel,buncis,dan kentang yang banyak mengandung vitamin . selain itu kami
menggunakan keju chedar dan keju melt yang berkualitas dengan merk terkenal .
3.
Brand name
Kami akan memasarkan produk kami dengan nama VEPAI karena nama ini menarik
dan sesuai dengan produk nya yang berbentuk pie .
4.
Packaging
Untuk pengemasan, 1 wadah toples plastik bertutup dengan sendok dan saos didalam
sehingga memudahkan konsumen
5.
Warranties
Garansi yang
kami berikan adalah rasa , kandungan , dan proses produksi yang higienis.
3.3.3. Promotion
1.
Advertising
Iklan kami berupa media sosial.
3.3.4.
Price
Untuk rasa dan kualitas dari bahan bahan vepai kami menentukan
harga yang murah yaitu Rp10.000 untuk 1 buah Vepai.
BAB IV
BAHAN DAN PERALATAN
4.1.
Bahan
Baku
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Wortel
|
3
Buah
|
Rp
3.000
|
Kentang
|
2
Buah
|
Rp
3.000
|
Buncis
|
10
Buah
|
Rp
3.000
|
Keju
Quick Mealt
|
½
Block
|
Rp
21.000
|
Keju
Chedar
|
1/2
Block
|
Rp
12.000
|
Susu
Bubuk
|
54
Gram
|
Rp
7.000
|
Telur
|
1
Butir
|
|
Penyedap
Rasa
|
½
Sendok Teh
|
-
|
Oregano
|
½
Sendok Teh
|
-
|
Lada
|
-
|
-
|
Roti
Tawar
|
10
Lembar
|
Rp
13.000
|
Margarin
|
2
Sendok Makan
|
-
|
Air
|
250
ml
|
-
|
Total
|
Rp
62.000
|
4.2.
Peralatan
Alat
|
Jumlah
|
Harga
|
Kompor
Portable
|
1
Buah
|
-
|
Gas
|
1
Buah
|
Rp
25.000
|
Oven
|
1
Buah
|
-
|
Mangkok
|
10
Buah
|
-
|
Panci
|
1
Buah
|
-
|
Spatula
|
1
Buah
|
-
|
Sendok
|
1
Buah
|
-
|
Garpu
|
1
Buah
|
-
|
Sarung
Tangan
|
6
Buah
|
-
|
Pisau
|
1
Buah
|
-
|
Gunting
|
1
Buah
|
-
|
Alumunium
Voil
|
10
Buah
|
Rp
10.000
|
Cup
Plastik
|
10
Buah
|
Rp
10.000
|
Total
|
Rp
45.000
|
Syifa Fauziah Ap202
0 komentar:
Posting Komentar