Tips menghadapi wawancara kerja

shares |

TIPS Menghadapi wawancara 

Memasuki dunia kerja bagi sebagian orang adalah sebuah beban yang berat. Berbagai pertanyaan menggelayuti pikirannya. Apakah saya akan bisa diterima bekerja? Apakah saya mampu bersaing dengan sesama pencari kerja? Apa saya mampu menjawab pertanyaan saat wawancara kerja?
Nah, dalam kesempatan kali ini, akan kita bahas secara singkat terkait hal wawancara kerja, yaitu beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar sukses saat menghadapi wawancara kerja.


Beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam tes interview (wawancara) kerja adalah seperti:
1. Coba ceritakan tentang diri anda.
Jawaban: Untuk menjawab pertanyaan ini, maka ceritakanlah tentang riwayat pekerjaan anda apa adanya sejak dari pertama kali bekerja hingga sekarang. Bagaimana jika Anda belum pernah bekerja sebelumnya (frssh graduate)? Maka jawaban yang terbaik adalah Anda ceritakan kemampuan akademik atau prestasi yang pernah didapat selama kuliah. Jawablah dengan singkat dan jelas.
2. Apa alasan Anda meninggalkan pekerjaan lama anda ?
Jawaban: Jangan sekali-kali Anda jawab karena bos Anda dulu bermasalah, atau rekan kerja yang tidak becus bekerja, atau ada yang salah dengan management perusahaan lama Anda. Mengapa? Dengan menjawab demikian, justru kejelekan Anda sendirilah yang akan tampak. Lalu, jawaban apa yang pantas diutarakan? Jawablah dengan mantab dan penuh percaya diri, bahwa saya ingin mencari tantangan baru dan ingin kesempatan karir yang lebih besar. Saya yakin, bahwa saya bisa meniti karir di perusahaan ini.
3. Pengalaman apa yang anda miliki untuk pekerjaan ini?
Jawaban: Jika Anda memang memiliki pengalaman kerja yang berhubungan dengan pekerjaan Anda yang baru ini, ceritakan apa adanya tanpa mengada-ada dan dibuat-buat. Sebaliknya, jika Anda belum punya pengalaman, brterus teranglah. Sampaikan juga, bahwa dengan melamar ini, sebagai bukti kesungguhan saya untuk bisa bekerja dengan baik di posisi baru itu. Asal ada keinginan dan kemauan untuk belajar, apapun bisa dilakukan.

4. Apakah anda merasa diri anda sukses?
Jawaban: Jawablah dengan penuh keyakinan: YA. Ceritakanlah secara singkat kenapa anda merasa anda sukses, yaitu bahwa saya telah menetapkan target hidup. Dari sekian target itu, sebagian kini telah dicapai. Dan kerja ini adalah sebuah upaya saya untuk mencapai target-target berikutnya. Inilah saatnya saya untuk bisa merealisasikan target-target itu.
5. Apa pendapat rekan kerja anda terhadap diri anda?
Jawaban: Jawablah jujur apa adanya. Tentunya jawaban yang terkait dan dapat menunjang karir Anda. Misalnya supel, ramah, mudah bergaul dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.
6. Hal apa saja yang anda ketahui tentang perusahaan ini?
Jawaban: Sebelum melakukan wawancara, Anda harus mencari tahu informasi tentang profil perusahaan, sejarah, produk dan hal-hal lain terkait perusahaan yang anda lamar ini sehingga Anda bisa menjawab pertanyaan dalam wawacara ini dengan baik. Pengetahuan anda yang baik tentang perusahaan akan bisa menjadi nilai lebih dan memperbesar peluang Anda diterima.
7. Apa saja yang telah anda lakukan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan/skill anda?
Jawaban: Untuk menjawab pertanyaan ini, maka jawablah bahwa saya telah mengikuti seminar, training, workshop, aktif berorganisasi dan aktifitas lain yang mendukung. Jawablah dengan jujur. Jawablah hanya dengan menyebutkan kegiatan yang pernah Anda ikuti.
8. Apa alasan Anda melamar kerja di perusahaan ini?
Jawab: Sebutkanlah tujuan anda melamar di perusahaan ini. Misalnya bahwa Anda ingin meniti karir yang cemerlang dan sukses  dalam jangka waktu yang panjang bersama perusahaan ini.
9. Tolong sebutkan berapa gaji yang anda minta?
Jawab: Jangan sebutkan nominal. Katakan saja, bahwa saya lebih suka menunjukkan prestasi dan unjuk kerja terbaik saya di perusahaan ini. Saya yakin, perusahaan ini akan memberi gaji yang sesuai.
10. Apakah anda dapat berkeja sama secara tim?
Jawab: Ya. Saya dapat bekerja dalam tim. Tim kerja yang kompak dan solid adalah syarat mutlak demi tercapainya tujuan perusahaan.
Demikian beberapa tips sukses dalam menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja. Semoga bermanfaat.

Sumber : karirlampung.com

Syifa Fauziah Ap202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar